10/05/2021

Training of Trainer (TOT) Eksperimen Fisika bagi Guru MIPA MA MAFAZA

Kegiatan TOT ini merupakan agenda pengantar dari rangkaian PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat) dari UGM telah dilakukan pada Sabtu, 2 Oktober 2021. Kegiatan tersebut berupa Pelatihan Eksperimen Fisika bertemakan Fisika Elektronika dan Instrumentasi kepada guru-guru MIPA di MA MAFAZA terkait kegiatan puncak dari PKM UGM nantinya.

Kegiatan PKM ini telah diadakan oleh Dosen-dosen MIPA UGM yang melakukan kerjasama dengan MA MAFAZA sebagai sekolah binaan. Pada tahun 2021 ini menjadi tahun ketiga kegiatan PKM ini dilaksanakan.

Kegiatan ini bertujuan agar Guru MIPA MA Mafaza mendapatkan bekal untuk membimbing dan memandu siswa MA MAFAZA khususnya jurusan MIPA nantinya saat kegiatan puncak PKM ini. Adapun kegiatan puncak PKM UGM akan dilaksanakan pada Sabtu, 9 Oktober 2021 secara daring dengan melakukan eksperimen fisika berupa “Pengukuran Cahaya dengan Luxmeter berbantuan Sensor”. Karena berlangsung secara daring namun eksperimen dilakukan secara langsung atau luring maka diperlukan orang yang dapat memandu para siswa, yaitu guru MIPA selaku guru mereka sendiri. Sehingga ketika nantinya siswa mendapat kesulitan terhadap eksperimen, guru-guru MIPA sudah menguasainya dan dapat mengatasi kesulitan siswa nantinya.

“Besar harapan kami dengan adanya PKM yang sudah berjalan 3 tahun ini menjadikan MA Mafaza menjadi lebih melek sains dan bisa menjadi madrasah yang juga dapat bergerak bahkan maju di bidang IT nya dengan adanya perangkat yang telah disediakan ini berupa 7 perangkat arduino beserta sensornya” ucap Sholihun, selaku salah satu Dosen Pelaksana PKM.

Ibu Ari Dwi Nugraheni selaku ketua pelaksana kegiatan PKM ini juga menambahkan bahwa dengan kerjasama dan perangkat IT berupa arduino ini bisa menjadikan siswa MA Mafaza bisa berprestasi dan berinovasi bahkan bisa bersaing dengan sekolah lain diluar sana.

“Tuntutan saat ini tidak lagi hanya sebatas pengetahuan seperti halnya mahir olimpiade, melainkan juga skill keterampilan yang dimiliki, ya seperti dapat mengoperasikan bahkan mengembangkan sesuatu dari perangkat IT seperti arduino ini”. Tambah Sholihun

~Humas