07/27/2021

SAMBUT TAHUN AJARAN BARU DENGAN PEMBEKALAN PONDOK DAN MADRASAH

Madrasah Aliyah MAFAZA mengawali Tahun Ajaran Baru 2021/2022 dengan agenda Pembekalan Pondok Pesantren dan Pembekalan Madrasah pada tanggal 22-24 Juli 2021. Agenda ini ditujukan untuk seluruh siswa MA MAFAZA. Sistem pembekalan di Kampus Putra dilakukan secara tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan. Sedangkan di Kampus Putri menggunakan rekaman video, mengingat kondisi di kampus putri yang masih belum bisa dikunjungi.

Agenda Pembekalan Pondok berisikan beberapa materi untuk menunjang dan meningkatkan kualitas siswa dalam menempuh pendidikan di MA MAFAZA tahun ini. Adapun materi yang disampaikan terdiri dari Kesehatan Mental Siswa, Manajemen Waktu Siswa, dan Kiat-Kiat Belajar di Asrama. Ketiga materi ini dianggap fundamental bagi para pamong asrama, mengingat ketiga materi ini akan menunjang produktifitas dari setiap siswa sehingga dapat memanfaatkan waktunya lebih baik mengingat kewajiban seorang siswa ialah belajar, namun tetap menjaga mentalnya agar tidak tertekan ataupun stress.

Adapun untuk Pembekalan Madrasah diisi oleh setiap jajaran MA MAFAZA untuk menyampaikan beberapa teknis kegiatan pembelajaran dan kegiatan penunjang selama menjalankan proses KBM. Kegiatan ini diawali Sekapur Sirih oleh Ustad Subkhan Khadafi M.Sc.

Dilanjut dengan Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum yang menjelaskan terkait teknis pembelajaran di tahun ajaran baru 2021/2022 dimana pembelajaran mulai kembali ke tahap normal, yaitu satu jam pelajaran memiliki durasi 45 menit dimana ditahun sebelumnya hanya berdurasi 30 menit.

Materi dilanjutkan dengan penyampaian Tata Tertib dan Ekstrakurikuler di tahun ajaran baru ini oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, dimana juga terdapat perbedaan dari tahun sebelumnya. Ditahun ini terdapat sistem poin hukuman dan poin penghargaan bagi setiap siswa yang sebelumnya belum pernah diberlakukan. Adanya sistem ini sebagai bentuk salah satu penerapan psikologi Behavioristik yaitu Reward & Punishment.

Materi terakhir disampaikan oleh Wakil Kepala Bidang Humas yang menyampaikan beberapa rencana program Humas yang berhubungan dengan siswa, seperti penyampaian aspirasi, peningkatan minat dan bakat yang bekerjasama dengan BK melalui wujud pemberian informasi tentang beasiswa studi lanjut dan informasi studi lanjut diberbagai perguruan tinggi. Adapun dalam menunjang peningkatan minat dan bakat ini juga disampaikan sedikit motivasi untuk meningkatkan daya juang dan semangat siswa untuk lebih berprestasi lagi di tahun ini melalui berbagai kompetisi atau lomba. Siswa diperkenankan untuk mengajukan ingin mengikuti kompetisi atau lomba seperti apa kepada Humas, yang nantinya akan diteruskan ke Kesiswaan.

Harapannya di tahun ini, siswa MA MAFAZA lebih bersemangat lagi untuk belajar, daya juangnya meningkat, dan memiliki jiwa kompetitif yang positif sehingga menjadi siswa prestatif serta sejalan dengan visi dan misi madrasah.