10/11/2021

PEMBELAJARAN LUAR KELAS BAGI SISWA MIPA MA MAFAZA BERSAMA DOSEN UGM

Pembelajaran luar kelas bagi siswa MIPA telah dilakukan pada Sabtu, 9 Oktober 2021 bersama dengan dosen UGM dalam rangka program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) FMIPA UGM. Kegiatan berisi tentang pengenalan materi ke MIPA an yang lebih mendalam namun disajikan secara ringan. Kegiatan ini dilakukan secara daring oleh pemateri dan disajikan dalam stadium general di Aula Madrasah. Acara ini dihadiri dan dibuka oleh Kepala Madrasah serta turut hadir Ibu Heni Prilantari, M.Pd. selaku pengawas madrasah.

Kegiatan pembelajaran luar kelas ini terdiri dari dua sesi, sesi pertama berisikan webinar untuk matematika, kimia dan biologi. Adapaun untk webinar matematika dibersamai oleh Ibu Dr. Indarsih yang menyampaikan tentang “Program Linier berbantuan aplikasi GeoGebra”. Pada kegiatan pertama ini, siswa diberikan demonstrasi penggunaan aplikasi GeoGebra dalam membuat grafik pada program linier.

Acara dilanjutkan oleh Ibu Aulia Ratri Hapsari, S.Si., M.Si. yang menyampaikan tentang “Kimia dikehidupan Sehari-hari” dengan mengangkat barang yang sering dijumpai yaitu sabun. Beliau menjelaskan bagaimana sejarah ditemukannya sabun, bentuk molekul sabun hingga proses kerja sabun dalam mengangkat kotoran. Acara terakhir pada sesi pertama dilanjutkan dengan demonstrasi praktikum biologi tentang “Identifikasi Kadar vitamin C dan Lipid pada Makanan” oleh  Ibu Lisna Hidayati, S.Si., M.Biotech.

Pada sesi kedua yang merupakan sesi terakhir pada kegiatan ini dilakukan praktikum fisika berupa “Pengukuran Intensitas Cahaya menggunakan Luxmeter Berbasis Arduino” yang dibersamai oleh Bapak Dr. Eko Sulistyo dan Guru MIPA MAFAZA. Beliau memberikan penjelasan awal dan teori tentang konsep cahaya secara fisika kemudian dilanjutkan dengan kegiatan pengambilan data secara langsung agar siswa dapat memahami bagaimana teori tentang pengaruh jarak terhadap intensitas cahaya yang dipancarkan dari sumbernya.

Sesi diakhiri dengan penutupan, serta set up alat praktikum luxmeter berbasis arduino ini pun dihibahkan kepada MA MAFAZA untuk dapat dimanfaatkan kembali dan dikembangkan bersama siswa untuk berbagai proyek-proyek berbasis elektronika dan sensor. Harapan kedepannya siswa MA MAFAZA dapat menguasai skill keterampilan ini dan dapat bersaing dengan siswa lain di luar sana.

~HUMAS