07/17/2021

MA MAFAZA MELAKUKAN PELATIHAN PEMBUATAN VIDEO PEMBELAJARAN BAGI GURU

Sabtu, 17 Juli 2021, MA MAFAZA telah mengadakan pelatihan pembuatan video pembelajaran yang ditujukan bagi para guru di MA MAFAZA

Penyelenggaraan pelatihan ini bertujuan untuk merefresh kembali wawasan tentang teknologi bagi para guru terkait pemanfaatan aplikasi digital yang dapat digunakan untuk mendukung proses pembelajaran agar proses belajar peserta didik terasa lebih interaktif dan atraktif.

Mengingat adanya aturan PPKM darurat saat ini yang mengharuskan pembelajaran daring, Madrasah dalam hal ini memberikan fasilitas kepada para guru untuk mengikuti dan menjadikan acara ini sebagai  satu wadah yang memberikan kesempatan kepada guru untuk mengeksplor kreativitasnya dalam membuat video-video pembelajaran yg kreatif, inovatif dan tentunya interaktif. Harapannya, dengan video interaktif, peserta didik akan mendapat warna baru dalam proses belajarnya.

Pelatihan pembuatan video ini dilakukan secara hybrid (daring dan luring) dan dibersamai oleh Ust Habib Khodim yang memberikan materi mulai dari aplikasi yang biasa digunakan dalam bidang video editor. Namun, beliau menyarankan menggunakan beberapa aplikasi yang mudah digunakan dan gratis dalam mengaksesnya yaitu canva dan panzoid. Dua aplikasi ini disajikan dalam bentuk website, pemilihan dua aplikasi ini selain mudah dan aksesnya gratis, juga memiliki template desain yang cukup banyak. Template ini bisa memberikan kesan estetik dan menjadi indah untuk ditonton oleh siswa.

Dalam pelaksanaannya juga dilakukan demo pembuatan video secara singkat menggunakan dua aplikasi tersebut dan memberikan tips dalam me-render video agar file yang dihasilkan tidak besar. Dimana masalah render ini sudah menjadi masalah umum yang dihadapi oleh semua content creator.

Hasil video yang telah dibuat nantinya oleh setiap guru, dapat menjadi sebuah koleksi video pembelajaran yang sewaktu-waktu dapat dimanfaatkan dan digunakan kembali. “Adapun video-video ini merupakan sebuah rencana darurat apabila lingkungan MA MAFAZA mendapatkan sebuah musibah yang mengharuskan pembelajaran tidak bisa dilakukan tatap muka”, ucap Muh. Subkhan Khadafi selaku Kepala Madrasah sebagai penguatan dalam pentingnya pembuatan video bagi para guru MA MAFAZA.