11/28/2022

DAURAH TAHFIDZ MA MAFAZA 2022

Senin 28 November 2022 diadakan Dauroh Tahfidz yang diperuntukkan untuk seluruh santri. Dauroh ini berlangsung selama 2 hari dari pagi hingga sore hari. Materi yang diberikan berkaitan untuk meningkatkan kualitas bacaan dan hafalan santri.

Acara dimulai dengan pembukaan acara halaqah yang diikuti oleh seluruh santri dan pimpinan madrasah. Sambutan diberikan oleh Jawis Sama’, S.Ag al hafidz selaku ketua panitia dan juga penanggung jawab tahfidz di MA Mafaza. Dalam sambutannya Jawis menyampaikan untuk kepada seluruh santri untuk menjadikan acara ini sebagai sarana untuk memperbaiki diri dalam hal hafalan Qur’an.

“ acara ini telah diadakan untuk memfasilitasi teman-teman supaya yang belum lancar membaca al Qur’an dapat tergugah dan ada bekal untuk memperbaiki bacaannya.” kata Jawis dalam sambutannya.

Tambah beliau acara ini merupakan salah satu bentuk akselerasi santri dan santriwati dalam menghafal Qur’an. Akselerasi berbentuk penguatan tentang ilmu tajwid dan juga pemberian motivasi untuk santri dan santriwati yang belum dinyatakan lancar dalam membaca al Qur’an. Kami ingin mengkonisasi bacaan santri sehingga memiliki standart yang dapat dipertanggung jawabkan. Selain itu juga mendorong untuk santri dan santriwati yang sedang menghafal untuk menyelesaikan hafalannya. MA Mafaza telah menetapkan 4 juz sebagai syarat kelulusan santri, oleh karena itu banyak upaya dan fasilitas yang MA Mafaza berikan untuk mendukung anak menyelesaikan target setoran hafalan, salah satunya melalui Dauroh Tahfidz ini.

Materi yang diberikan dibawakan oleh pemateri dirasa cocok dalam menjawab permasalahan-permasalahan terkait hafalan al Qur’an di MA Mafaza. Jawis menambahkan jika pemateri secara khusus diambilkan dari pengampu tahfidz dari internal karena sudah memiliki pengetahuan terkait psikologi anak, sehigga materi yang disampaikan disesuaikan kepada kebutuhan anak. Materi seperti Talaqqi, Tajwid, dan motivasi dalam menghafalkan al Qur’an menjadi jawaban dari permasalahan yang ditemukan di lapangan.

Jawis berharap setelah Halaqoh ini dapat membantu anak-anak dalam menghafalkan al Qur’an dan juga dalam memperbaiki bacaan. “kegiatan ini bukan hanya sebagai kegiatan formal biasa, namun semoga dapat meperbaiki habitualisasi anak dalam membaca dan menghafalkan al Qur’an. Perubahan memang tidak dapat dilakukan dalam waktu dua hari ini, tapi menjadi awalan yang baik dalam perubahan besar. Amin.”

MA MAFAZA MEMENANGKAN PENGHARGAAN INTERNATIONAL

MA MAFAZA MEMENANGKAN PENGHARGAAN INTERNATIONAL

MA MAFAZA MEMENANGKAN PENGHARGAAN INTERNATIONAL MA Mafaza Bantul berangkat menuju Bogor untuk mengikuti International Young Moslem Inventor Award (IYMIA) di Institut Pertanian Bogor (IPB). MA Mafaza mengirimkan 4 delegasinya untuk mengikuti IYMIA 2023. Acara ini...

ORATOR MUDA MAFAZA

ORATOR MUDA MAFAZA

ORATOR MUDA MAFAZA Pada 2 November 2022 MA Mafaza mengirimkan delegasinya untuk mengikuti lomba Orasi Kebangsaan di Balai Desa Pendowoharjo. Lomba ini diselenggarakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Bantul yang ditujukan kepada pelajar SMP/ sederajat...

Penilaian Kinerja Kepala Madrasah MA Mafaza tahun 2022

Penilaian Kinerja Kepala Madrasah MA Mafaza tahun 2022

Penilaian Kinerja Kepala Madrasah MA Mafaza tahun 2022 Pada tanggal 5 November 2022 MA Mafaza mengadakan Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) yang berlangsung di Aula. PKKM kali ini dibersamai oleh Bu Heni Prilantari, S.Pd, M.Pd dan Dra Ening Yuni Soleh Astuti,...